Kesan Penggunaan CPAP Penderita Sleep Apnea

Pasien ini menderita sleep apnea berat, dengan indeks henti nafas 65,1/jam dan kadar oksigen darah mencapai titik terendah 66%. Ia seorang pendengkur dan belakangan mulai merasa sering mengantuk, lelah, gangguan konsentrasi dan berbagai keluhan-keluhan lainnya. Sang istri mengaku khawatir melihat nafas suaminya saat tidur. Diantara dengkuran, ia tampak sesak dan sulit bernafas. Disamping tentu saja suara dengkuran yang mengganggu. Kini ia sedang dalam proses perawatan menggunakan CPAP. Berikut adalah kutipan dari e-mailnya setelah menggunakan CPAP satu malam.

“I have used the CPAP last night and it was really very good.  I was very comfortable with it.  I was able to sleep well.  I woke up fresh, and for the whole day since this morning, my breathing seems to be “longgar dan ringan”, tidak ada tersumbat dan tidak berat nafasnya.  Rasaku sekarang positif dan fikiran lebih jernih.  Saya fikir, setiap hari itu tambah baik.”

terimakasih Dok,

Manny

12 Tanggapan

  1. Berapa harga CPAP? dapat dibeli dimana? Mudah2an terjangkau untuk rakyat lapisan bawah.

    • Terima kasih.
      CPAP hanyalah salah satu cara merawat sleep apnea. Tapi jauh lebih penting kita tahu terlebih dahulu apakah dengkuran yg dialami sleep apnea atau mendengkur biasa.

  2. Apakah cpap bs untuk mengurangi mendengkur walaupun dengkuran biasa,atau istilah nya untuk perawatan,brapa harga dan dapat diperoleh dimana?mhn info..dan kalo ada rekomendasi untuk dijogja adakah dr spesialis atau klnik mendengkur,sy umur 28th,tp tiap bgun tdr bdn kurang fresh,lemas.serin pusing,sy jg pendengkur.tp sy ragu karena sy maag nya atau perlu ke klinik.hendra yogyakarta

    • Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di email sleepclinic@mitrakeluarga.com
      Fokus perawatan adalah untuk mengatasi henti nafas, sleep apnea, yang biasanya menyertai dengkuran. Hilangnya suara mendengkur hanyalah hasil tambahan dari penggunaan CPAP. Sayang, setahu saya belum ada klinik tidur di Yogya. Ada kemungkinan peningkatan asam lambung juga disebabkan oleh sleep apnea.
      Salam.

  3. Mesin CPAP sangat-sangat overpriced. Untuk mesin peniup udara seperti itu, harganya selangit. Industri farmasi memang gila!

    • Saat ini memang sangat mahal. Tetapi tekhnologi mesin peniup udara ini juga tak sederhana. Kebetulan saya pernah berguru pada sang penemu Prof. Sullivan, dan beliau masih terus aktif mencari alternatif murah untuk atasi sleep apnea.

  4. Dok, saya pria berumur 36 thn dengan berat badan 58kg tinggi 160cm sdh menikah, bagaimana cara mengurangi dengkuran?info dari istri saya bahwa dengkuran saya mengeluarkan suara SANGAT KERAS. Mohon Info..trims xfreeq@yahoo.com

  5. satu lagi dok, kira2 untuk perawatan OSA menghabiskan dana brapa ya? thanks

  6. Dear Bp.Andreas Prasadja,
    apakah unit alat CPAP itu adalah juga tabung oksigen beregulator yg bisa ditemui di pasar obat Pramuka-Jakarta Timur?…
    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih,
    Kelly Yoseph.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: