Kupas Tuntas Bahaya Mendengkur

TEGAL – Tak sedikit yang menganggap dengkuran menandakan lelapnya tidur. Padahal, mendengkur merupakan gejala utama dari sleep apnea selain rasa kantuk berlebih. Sleep apnea yang artinya henti nafas saat tidur, dapat berdampak langsung pada kesehatan dan kualitas hidup seseorang. ‘’Mendengkur tidak boleh disepelekan, karena berhubungan langsung dengan sejumlah penyakit,’’ ungkap dr Andreas Prasadja RPSGT dalam Simposium Ilmiah Sleep Apnea dalam hubungannya dengan diabetes.
Sleep Physician di Sleep Disorder Clinic RS Mitra Kemayoran ini menjadi pembicara utama acara yang digelar RS Mitra Keluarga Tegal, Sabtu (16/4). Sedikitnya 140 peserta mengikuti acara yang berlangsung di auditorium lantai 4 setempat. Acara yang menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Tegal juga dihadiri Ketua IDI Kota Tegal dr Hery S SpA. Simposium ini juga menghadirkan dr Daru Jaka S SpPD MSc dengan materi penanganan terkini diabetes mellitus.

Disebutkan dr Andreas, 8 penyakit yang berhubungan dengan mendengkur diantaranya tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan kerusakan otak. Juga berhubungan dengan depresi, diabetes melitus, obesitas dan mortalitas atau kematian. Perawatan sleep apnea dapat dilakukan lewat beberapa alternatif. Diantaranya pembedahan, continuous positive airway pressure (CPAP) ataupun dental appliances. Sementara ini, baku emas perawatan adalah dengan menggunakan CPAP, dengan tingkat keberhasilan yang amat tinggi. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa penggunaan CPAP akan mengurangi resiko seseorang untuk menderita bahaya-bahaya yang telah disebutkan tadi.

Pada kesempatan sama, Direktur RS Mitra Kemayoran Dr Esther M Ramono MM mengenalkan pelayanan dan fasilitas yang bisa digunakan di grup RS Mitra Keluarga ini. Salah satunya adalah sleep disorder clinic sebagai satu-satunya di Indonesia. Bukan hanya itu saja, dr Andreas Prasadja RSPGT selaku sleep physician juga merupakan kali pertama memperdalam ilmunya di bidang ini. ‘’Kami sangat memperhatikan kualitas pelayanan dengan adanya setifikat ISO dan akreditasi untuk 16 pelayanan,’’ ungkapnya. Selain itu, peralatan modern yang canggih dan sumber daya manusia yang berkualitas menjadi unggulan RS Mitra Kemayoran. Perkembangan kedokteran selalu up to date di RS ini.

Direktur RS Mitra Keluarga Tegal drg E Setyodewi MM dalam sambutannya menuturkan kegiatan simposium ilmiah merupakan program rutin. Dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kedokteran up to date ke masyarakat maupun petugas medis tak terkecuali dokter di Tegal dan sekitarnya. ‘’Semoga bisa bemanfaat untuk semua pihak,’’ ujarnya.

Dewi menambahkan, dalam memberikan pelayanan pada pasien pihaknya selalu bekerjasama dengan grup RS Mitra Keluarga yang saat ini berjumlah 10 cabang. ‘’Kalau di sini peralatan belum memadai, akan kami rujuk ke grup kami,’’ ujarnya. Pasalnya, masing-masing cabang memiliki unggulan tersendiri di bidang kesehatan.(ela)

Link: http://www.radartegal.com/index.php/Kupas-Tuntas-Bahaya-Mendengkur.html

2 Tanggapan

  1. terimakasih tulisannya sangat bermanfaat, kalau boleh saya tanya dan tolong di jawab, bahwa suami saya itu gampang tertidur dan mesti mendengkur apakah berarti beliau ada penyakit tapi kok gak pernah ada keluhan apa ada tip menghilangkan mendengkur saat tidur . trim jawabnya kutunggu

    • Mendengkur dan kantuk berlebih memang tanda dari sleep apnea, henti nafas saat tidur. Sleep apnea nantinya yg menyebabkan byk penyakit. Tentu tak terasa apa2, itu sebabnya disebut sbg silent killer. Pertama kita hrs jalani pemeriksaan tidur dulu utk bedakan ngorok biasa atau berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: