Mendengkur Memperburuk Fungsi Ginjal Penderita Diabetes

Penderita diabetes yang tidur mendengkur sebaiknya waspada, karena kondisi ini bisa mempercepat penurunan fungsi ginjal. Demikian hasil penelitian yang dipresentasikan pada Kidney Week 11-16 November 2014 di Philadelphia, yang diadakan oleh the American Society of Nephrology.

Hubungan mendengkur/sleep apnea dan diabetes sangat nyata. Ada 36% penderita sleep apnea di antara penderita diabetes tipe 2. Maka tak heran jika International Diabetes Federation menyerukan agar semua penderita diabetes diperiksakan tentang kemungkinan menderita sleep apnea, dan sebaliknya penderita sleep apnea juga mewaspadai diabetes.

Seperti kita ketahui, salah satu penyakit lanjutan diabetes tipe 2 adalah penyakit ginjal kronis. Itu sebabnya sekelompok peneliti dari Medical University of South Carolina, ingin mengetahui efek mendengkur pada laju penurunan fungsi ginjal penderita diabetes tipe 2.

Para peneliti ini menganalisa 56 pasien diabetes yang juga menderita penyakit ginjal kronis. Pasien-pasien tersebut diberikan kuesioner untuk menyaring kemungkinan mereka menderita sleep apnea. Hasilnya 62% pasien yang kemungkinan besar menderita sleep apnea memiliki fungsi ginjal yang lebih rendah dibanding pasien-pasien yang tidak menderita sleep apnea.

Disimpulkan pasien diabetes yang menderita sleep apnea lebih cepat laju penurunan fungsi ginjalnya, dibanding yang tidak mendengkur.

Menurut the National Kidney Foundation, deteksi dini dapat mencegah terjadinya Penyakit Ginjal Kronis dan Gagal Ginjal. Kelompok dengan risiko tinggi adalah orang-orang yang menderita diabetes, hipertensi dan memiliki riwayat penyakit ginjal pada keluarga. Dua pertiga kasus penyakit ginjal kronis disebabkan oleh diabetes dan hipertensi.

Walau belum memberikan hubungan sebab akibat, penelitian ini sudah menunjukkan adanya akibat buruk dari mendengkur. Dan dengan adanya penelitian ini, ada satu faktor lagi yang bisa memprediksi munculnya penyakit ginjal kronis pada penderita diabetes, mendengkur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: