FAQ Pemeriksaan Tidur

Mengapa harus melakukan pemeriksaan Polisomnografi (PSG) di laboratorium tidur?

Pemeriksaan Polisomnografi penting dilakukan untuk menegakkan diagnosa gangguan tidur yang mungkin Anda derita. PSG juga penting sebagai pijakan awal menentukan terapi gangguan tidur (OSA misalnya,) dan untuk mengevaluasi hasil terapi yang telah dilakukan.

Dimana dapat dilakukan pemeriksaan PSG?

PSG dapat dilakukan di klinik-klinik gangguan tidur yang terdapat di rumah sakit-rumah sakit terkemuka di Indonesia. Sayangnya belum banyak rumah sakit yang memiliki laboratorium tidur. Tetapi dalam waktu dekat akan semakin banyak rumah sakit yang mengembangkan laboratorium tidur.

Dengan begitu banyak pemeriksaan dalam PSG, apakah pasien dapat tidur?

Pemeriksaan PSG tidak ada yang bersifat invasif ataupun menyakitkan. Beberapa orang mungkin merasa kurang nyaman, tetapi kebanyakan dapat tidur dengan baik. Bahkan ada beberapa yang tidur lebih banyak dari yang ia kira.

Persiapan apa yang perlu dilakukan sebelum melakukan pemeriksaan PSG?

PSG tidak memerlukan persiapan khusus selain kondisi rambut yang bersih, penggunaan minyak rambut dan sejenisnya tidak diperkenankan. Pemasangan alat dilakukan pukul 21:00, tetapi pasien diharapkan sudah berada di dalam kamar pukul 19:00 untuk beradaptasi terlebih dahulu dengan suasana ruang tidur yang baru.

Apa yang terjadi setelah pemeriksaan?

Pukul 6:00 pagi alat sudah dilepas dan pasien dapat langsung mandi untuk beraktivitas seperti biasa. Beberapa laboratorium tidur bahkan menawarkan sarapan ringan bagi pasien-pasiennya. Hasil perekaman akan dibaca dan dinilai oleh dokter yang berkualifikasi di bidang tidur, untuk kemudian dibuatkan laporannya. Proses ini biasanya berlangsung antara 2 hingga 3 hari. Kemudian pasien dapat bertemu dengan dokter lagi untuk mengambil hasil dan berkonsultasi tentang langkah selanjutnya.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pemeriksaan di laboratorium tidur?

Tidak memerlukan persiapan khusus, hanya saja pasien diharuskan untuk membersihkan terlebih dahulu rambut, dan tidak diperbolehkan menggunakan bahan-bahan apapun pada rambut (seperti foam, gel, minyak rambut dll.) Pasien dapat membawa serta perlengkapan tidur agar merasa nyaman selayaknya tidur di rumah sendiri. Misalkan bantal khusus atau mungkin boneka bagi pasien anak-anak.

Iklan
%d blogger menyukai ini: